4 Kuliner Khas Indonesia Timur yang Wajib Kamu Coba

4 Kuliner Khas Indonesia Timur yang Wajib Kamu Coba

Beberapa makanan khas Indonesia timur tak kalah lezat serta hebat untuk dicoba apabila kami telah bosan dengan menu yang kami santap setiap hari. Di bawah ini telah dirangkum 4 makanan yang harus dicicipi ketika melancong ke wilayah Timur Indonesia:

Kuliner Khas Indonesia Timur yang Wajib Kamu Coba

1. Papeda
Di beberapa wilayah pesisir dan dataran rendah di Papua, sagu adalah bahan dasar dalam beberapa makanan. Nah papeda ini adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disaapabilan dengan ikan tongkol alias mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda adalah makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan lumayan bernutrisi.

2. Ikan Kuah Kuning
Makanan yang satu ini lumayan tak jarang dibahas, Ikan kuah kuning adalah salah satu makanan khas dari Indonesia tahap timur yang biasanya makanan yang satu ini disantap bersama dengan Papeda. Resep ikan kuah kuning ini berbahan dasar ikan tongkol dengan taburan daun kemangi yang membikin masakan ini enak saat disantap.

3. Ikan Bakar Colo-Colo
Masakan hari ini datang dari kota Maluku dengan khas masakan ikan bakar colo colo sedap gurih. Ikan bakar ini adalah olahan ikan tongkol yang dibersihkan dan dikombinasikan dengan campuran bumbu tumis yang kemudian dibakar sampai matang sempurna lalu disaapabilan bersama dengan colo colo. Colo colo adalah sejenis sambal yang terbuat dari campuran bahan semacam cabe, bawang, tomat hijau, penyedap rasa yang kemudian dicampur dalam satu wadah dan disaapabilan bersama dengan ikan tongkol bakar.

4. Kue Bagea
Kue Bagea Palopo, makanan khas dari sagu yang tak jarang dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Palopo, Ternate. Bagea yang berbahan dasar tepung sagu ini, mempunyai beberapa macam rasa semacam kenari, kacang dan wijen. Kue Bagea umunya dinikmati dengan dikawani secangkir kopi alias teh hangat. Rasanya yang gurih dan tak terlalu manis membikinnya terasa renyah di mulut. Untuk memperoleh bagea tidaklah susah. Rasanya yang khas membikin kue ini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Palopo.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top